Mau Diet ? : Lain Sumber Karbohidrat Lain IG dan Efeknya - Pakdhe Heru

Friday, March 23, 2018

Mau Diet ? : Lain Sumber Karbohidrat Lain IG dan Efeknya



Dalam urusan berat badan, karbohidrat merupakan komponen gizi yang sangat menentukan. Konsumsi yang tepat bisa membuat berat badan terjaga ideal. Sebaliknya, jika pola konsumsinya tidak tepat, karbohidrat justru bisa menjadi biang kegemukan.

Bagaiman pola konsumsi yang benar ? perhatikan jenis dan jumlahnya. Masing-masing makanan berkarbohidrat memiliki efek berbeda di dalam tubuh. Sebagian sumber  karbohidrat diserap oleh tubuh menghasilkan gula (glukosa) alam waktu yang sangat cepat. Sebagian lainnya diserap lambat. Yang lebih cepat diserap akan membuat tubuh lebih cepat gemuk.

Untuk membedakan efek ini, makanan berkarbohidrat dikelompokkan berdasarkan indeks glikemik. Makin cepat karbohidrat diserap oleh tubu, nilai indeks glikemiknya semakin tinggi.

Lalu apa fungsi praktis indeks glikemik (IG) dalam urusan berat badan ? Makin tinggi IG-nya, makin cepat karbohidrat diserap. Akibatnya makin cepat tubuh merasa lapar sehingga konsumsi makanan cenderung berlebihan. Sebaliknya, makin rendah IG-nya, makin lambat karbohidrat diserap, dan efek kenyangya bertahan lebih lama sehingga konsumsinya cenderung tidak berlebihan. Singkatnya, jika ingin menurunkan berat badan, kurangi makanan dengan IG tinggi, ganti dengan yang ber-IG rendah.




No comments:

Post a Comment