Benarkah Game Berefek Positif ???? - Pakdhe Heru

Thursday, March 22, 2018

Benarkah Game Berefek Positif ????



Maraknya game asing tentu saja ada pengaruhnya. Maklum, selain sebagai alat hiburan, game juga berfungsi sebagai media yang membawa pesan dari pembuatnya. Gamer Indonesia tidak menyadarinya. Tapi beberapa di antara mereka lama kelamaan mengalami perubahan perilaku akibat pesan yanag diterima oleh bawah sadarnya. Ini biasanya terjadi pada gamer remaja yang suka main game orang dewasa.

Gamer tentu tidak sepenuhnya bisa disalahkan. Orangtua tetap harus berperan dalm mengontrol pilihan game anak-anaknya. Toh, pengaruh game tidak melulu negative. Melalui game, seseorang dapat lebih terorganisasi dalam menyelesaikan masalah dan tantangan dalam game. Selain itu gamer sejati selalu mampu bersabar dalam menghadapi masalah.

Pandangan negative masyarakat terhadap game tentu saja masih ada akibat perilaku negative para gamer akibat kecanduan game. Sebut saja bolos sekolah untuk bermain game, nilai sekolah berantakan, tidak naik kelas, atau kekerasan akibat perselisihan ketika bermain game.

Lalu, apakah benar game yang menjadi dalangya ? Tentu saja ! tapi juga harus diingat bahwa tidak lagi sekadar konsumsi anak dan remaja. Di pasaran bertebaran game berkategori dewasa yang mudah diakses oleh semua umur. Bahkan rasio game untuk kalangan dewasa jauh lebih banyak. Inilah yang membuat anak dan remaja di Indonesia dengan mudah terpapar efek negatif sebuah game.

Untuk mengatasinya, awasi game yang dimainkan anak dan remaja. Temukan pembahasan mengenai game tersebut dan yang paling penting lihat rating umurnya. Informasi semacam itu banyak terdapat di situs-situs web di internet atau media-media yang mengulas  game.

Pengawasan aktif tersebut membuat peranan media game Indonesia menjadi sangat penting. Melalui pembahasan game yang diberikan oleh media tersebut, pengetahuan orangtua dan masyarakat menjadi lebih luas dan dapat memilih yang terbaik untuk anaknya. Selain itu, mau tak mau, emdia juga dituntut untuk memberikan informasi yang lebih lengkap seputar kelayakan sebuah game.
 
Tapi saran saya, tidak usah bermain game. Mengapa ? ALASANNNYA SIMPLE : BUANG-BUANG WAKTU.
 
 


No comments:

Post a Comment