Aneh Ini Orang...Beli Teh Sekaligus Botolnya - Pakdhe Heru

Wednesday, March 21, 2018

Aneh Ini Orang...Beli Teh Sekaligus Botolnya



Di kantor saya, ada seorang kawan asal Irlandia yang punya kebiasaan-yang menurut kami-tidak lazim. Setiap kali membeli the botol dari kantin, ia membuang botol teh kosong atau menggelatakannya begitu saja di bawah meja kerja. Kebiasaan aneh teman kami ini tentu saja menjadi bahan pembicaraan. Kami semua menganggap dia malas.

Di divisi lain di kantor kami, hal serupa juga dilakukan karyawan asing lain yang berasal dari Inggris. Sehabis membeli kopi, ia selalu menggeletakkan cangkir kosong di bawah meja kerjanya. Ibu pemilik kantin sampai mengeluh bahwa cngkirnya banyak yang hilang.

Hingga satu bulan kemudian, salah satu dari kami memberanikan diri menegur mereka. Semula mereka heran karena tidak merasa salah. Rupanya terjadi salah paham. Di Irlandia, seseorang yang membeli teh botol harus membayar minuman sekaligus botolnya sehingga tidak perlu mengembalikkan botol kosongnya. Begitu juga di Inggris, kopi dibeli bersama cangkirnya.

Setelah kami menjelaskan kebiasaan kami di Indonesia, mereka tertawa. Sejak itu keduanya selalu mengembalikan botol dan cangkir kosong, ke kantin.

Anang Hindarto, Pasuruan, Jawa Timur.

No comments:

Post a Comment