Bagaimana Menjadi Penulis yang Baik : Percpective Creative Junkies Ala Penulis - Pakdhe Heru

Friday, March 23, 2018

Bagaimana Menjadi Penulis yang Baik : Percpective Creative Junkies Ala Penulis



Bagaimana agar menulis lebih enak dan berisi tanpa menumpulkan kreativitas ??? Ya, beginilah caranya :

Berperang dengan perasaan namun berdamai dengan badan. Mampu melawan  emosi dalam berbagai suasana adalah syaratnya. Namun, kalau urusan badan, pilih berdamai. Badan yang sudah capek, tidak akan dipaksakan untuk bekerja. Pilihlah tidur, namun bangun pagi-pagi untuk mengerjakannya. Alasannya sederhana : agar menyukai pekerjaan.

Balanced- Otak Kanan dan Kiri. Suatu anugerah jika kamu menggeluti dua bidang yang mampu mem-balance otak kiri dan kanan, misalnya sebagai arsitek/sarjana tapi menggeluti hobi kreatif. Menurut saya, terlalu otak kiri maupun terlalu otak kanan, kurang baik. Sebaiknya balanced. Bila selama ini kita terlalu banyak menggunakan otak kiri, sebaiknya tambahkan beberapa aktivitas otak kanan, demikian pula sebaliknya.

Try Different Angle. Tidak ada jalan buntu. Kita bisa memanjat ataupun memutar untuk mencari jalan lain kalau pada dasarnya kita kreatif. Sering kali kita meratapi keterbatasan, tanpa terlebih dahulu mencari jalan yang lain. Misalnya, sering disuruh melakukan ini dan itu, melaksanakan kewajiban mencari nafkah tetap sebagai karyawan atau bekerja sampingan. Itu bukan halangan untuk menulis, lakukan walaupun sedang enak-enak menulis.

Terakhir, menulis ataupun berkarya jangan hanya memikirkan diri sendiri. Pikirkan kepentingan  orang yang membaca atau yang menikmati karya kita. Dengan demikian akan lahir sebuah karya yang luar biasa. Karya yang berdampak positif buat audience/ reader kita.


No comments:

Post a Comment