Mengatasi Pegal dan Kesemutan - Pakdhe Heru

Wednesday, March 21, 2018

Mengatasi Pegal dan Kesemutan





Di tengah aktivitas sehari-hari, seseorang bisa saja merasakan pegal di bahu bagian belakang. Rasanya seperti baal atau kesemutan hingga membuat ia merasa tidak nyaman. Pada kondisi yang parah, rasa itu bisa menjalar sampai ke lengan bahkan sampai jari tangan. Bisa pada tangan kiri atau kanan.

Situasi ini bisa terjadi karena adanya “sindrom bahu dan lengan” (shoulder arm syndrome) atau dalam bahasa kedokteran disebut brachial lexus injury. Sumber masalahnya sebenarnya ada di tulang belakang bagian atas (cervical) dan dada (thorax). Tepatnya, di cervical ruas 5 dan 6, cervical 7, dan antara cervical 8 dan thorax 1.

Gangguan ini tentu tidak mendadak. Bisa karena di masa lalu, penderita mengalami kecelakaan yang berdampak kepada tulang belakang. Jika suatu kali terpicu lagi pada area tersebut, maka akan kambuh. Namun bisa juga karena system saraf dan kualitas otot kurang baik.

Orang biasanya akan mengatasi pegal dan kesemutan dengan mengerik. Atau ke dokter untuk minta obat penahan rasa sakit.

Untuk menjaga agar tidak terjadi keluhan akibat tulang belakang maka :

1.      Selalu memeriksakan kondisi tulang belakang, meski tidak terdapat keluhan.

2.      Memperhatikan aktivitas sehari-hari yang tidak membebani kerja tulang dan otot.

3.      Jika terjadi keluhan menyangkut tulang, saraf, dan otot, sebaiknya tidak ditangani sendiri agar tidak berlanjut. Konsultasikan ke dokter agar dapat diketahui sumber masalahnya dan dilakukan terapi fisik.

No comments:

Post a Comment