Kiat Anak Anda Agar Sukses Belajar Matematika - Pakdhe Heru

Wednesday, April 18, 2018

Kiat Anak Anda Agar Sukses Belajar Matematika


Kiat Anak Anda Agar Sukses Belajar Matematika

Matematika sering dianggap mata pelajaran sulit bagi sebagian murid SD hingga sekolah menengah. Bila anak kita mengalami kesulitan belajar matematika, ada baiknya ajak mereka mencoba kiat berikut :
 
1. Tanamkan pada anak, matematika itu penting. Matematika menunjang kehidupan sehari-hari maupun iptek. Sukar dibayangkan bila seseorang idak bisa mengenali angka atau menghitung paling sederhana sekalipun. Atau, kemajuan teknologi tanpa dibarengi kemajuan matematika.

2. Ajaklah anak mempelajari hal-hal menarik dan menggelitik rasa ingin tahu. Misalnya, mengajak membaca soal-soal contoh matematika dalam bentuk cerita menarik/aplikasi kehidupan seha-hari yang dapat dicari di mbah Google.

3. Latih daya tahan anak menyelesaikan soal matematika. Belajar matematika  terasa sulit di depan, tetapi kalau sudah masuk sering lupa berhenti. Latih anak tidak mudah menyerah.

4. Ajak anak mencanangkan dua wajib. Wajib mempelajari yang sudah dijelaskan . Wajib menyiapkan yang hendak dijelaskan.

5. Libatkan anak dalam proses belajar mengajar di sekolah dengan sepenuh hati. Termasuk mengikuti penjelasan guru dengan senang hati dan aktif menjawab semua pertanyaan dan tugas dari guru.

6. Ajaklah anak mengerjakan tugas atau PR hingga paham.

7. Ajaklah anak bertukar kuis buatan sendiri dengan teman dan menjawabnya. Jawaban kuis diperiksa oleh masing-masing pembuat kuis.

8. Arahkan anak untuk membuat catatan lengkap dan rapi, ringkasan konsep dan rumus penting.

No comments:

Post a Comment