Bau Cat Kalah oleh Cuka - Pakdhe Heru

Wednesday, April 18, 2018

Bau Cat Kalah oleh Cuka



Menghilangkan Bau Cat dengan Cuka


Pasti menyenangkan kalau rumah kita baru saja dicat. Selain jadi tampak baru, rumah juga enak dipandang. Repotnya, bau cat yang menyengat itu lho, terasa sangat menganggu dan tak jarang membuat pusing. Terus, bagaimana ya cara menghilangkan bau cat menyengat itu ? Yuk ikuti cerita berikut :

Saat liburan (zaman dahulu waktu masih muda),  Ibu meminta saya dan keponakan saya yang masih duduk di bangku SMU  (saiki wis tuwir) untuk mengecat rumah. Baru saja kami tuntas menyelesaikan bagian ruang tamu tiba-tiba keponakan saya yang masih kanak-kanak mual-mual. Ia pusing oleh bau cat, sampai terpaksa  untuk sementara diungsikan ke rumah tetangga. Sesaat saya bingung, bagaimana kalau anggota keluarga yang lain turut menderita seperti keponakan saya  itu.

Kemudian saya ke dapur untuk melihat bagian yang harus dicat, sambil mengambil minum. Saat itulah tanpa sengaja saya menyenggol botol cuka, hingga tumpah sebagian. Tapi karena belum sempat, tumpahan itu tidak langsung saya bersihkan. Beberapa saat berselang, saya kembali ke dapur. Aneh, bau catnya tidak semenyengat di ruangan lain.

 https://tinyurl.com/yd8evtw4


Saya pun teringat cuka yang tumpah itu dan serta-merta timbul ide. Saya tuangkan sedikit cuka di piring. Piring tersebut lalu saya taruh di ruangan yang baru dicat. Benar juga, lambat laun aroma cat mulai ternetralisasi oleh tajamnya bau cuka.

Semenjak itu saya selalu menyediakan cuka setiap kali akan mengecat rumah. Siapa sangka cuka bisa menghilangkan bau kurang sedap yang ditimbulkan oleh cat baru.

(Elven Sukirno, Bandung)







No comments:

Post a Comment