Buat Jaga-Jaga, Obat Dibawa Saat Mudik - Pakdhe Heru

Tuesday, April 10, 2018

Buat Jaga-Jaga, Obat Dibawa Saat Mudik




Teorinya, enggak ada pemudik yang memimpikan sakit saat di perjalanan. Tapi seperti juga cuaca yang gampang berubah-ubah dan penuh anomaly, kondisi tubuh manusia juga susah ditebak, lantaran banyaknya faktor yang mempengaruhi. Apalagi perjalanan jauh Anda ditandai dengan peralihan musim yang berpotensi menurunkan daya tahan tubuh.



Siapa tahu, sama seperti mobil yang ditumpangi, tubuh Anda selama ini juga terlanjur keenakan menikmati kemarau sehingga kaget begitu hujan datang.
Obat dalam yang bisa disiapkan antara lain pil anti mabuk perjalanan, vitamin, teh peppermint untuk mencegah dan mengatasi gangguan perut, obat untuk mengatasi gejala flu (misalnya oscillococcinum), hingga permen zinc untuk flu yang lebih parah atau bisa juga permen jamu sidomuncul anti tolak angin (bisa sachetan cair jamu sidomuncul).

Sertakan juga aspirin atau obat antinyeri lainnya, tablet penyembuh gangguan buang air besar (misalnya : Norit) dan obat mag (semisal antasit). 

Beberapa di antaranya mungkin hanya bisa didapat dengan resep dokter. Jadi, tak ada salahnya berkonsultasi dulu dengan paramedic sebelum melakukan perjalanan.

Untuk kategori obat luar, alcohol gel untuk penghilang kuman di tangan (hand sanitizer) boleh dipertimbangkan. Lengkapi juga dengan krim antigatal dank rim pengusir nyamuk dan serangga, plester penutup luka, tisu anti bakteri, serta (kalau ada) thermometer.

Buat pemudik dengan tujuan daerah tertentu, pengetahuan tentang situasi terbaru kampung halaman tak ada salahnya dicermati, agar Anda siap dengan langkah antisipasi.

Mereka yang hendak bepergian ke Jawa Tengah contohnya, mesti mewaspadai penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang tengah merebak.

Alasannya adalah karena mulai turunnya hujan, yang memberi tempat perindukan nyamuk Aedes aegypty.

Kampung halaman Anda, keadaannya gimana ?

Cermati ya ?

No comments:

Post a Comment