Menangkap Jambret dengan Sirih - Pakdhe Heru

Wednesday, March 21, 2018

Menangkap Jambret dengan Sirih



Kebiasaan menguyah daun sirih ternyata tidak hanya bermanfaat menguatkan gigi tapi juga bisa untuk menangkap pencuri. Ceritanya, pada masa penjajahan Belanda dulu, nenek dan kakek saya biasa bepergian dari Bandung ke Sukabumi naik kereta api. Selama perjalanan nenek selalu menguyah daun sirih.

Di daerah Lampegan, antara Bandung dan Sukabumi, kereta melewati terowongan. Saat itulah lampu di gerbong kereta mati sehingga keadaan gelap gulita.

Di tengah kegelapan, tiba-tiba nenek merasa ada tangan-tangan menggerayangi barang bawaannya. Nenek berusaha mengalau dan terjadi tarik-menarik, tapi tenaganya kalah kuat. Tapi sebelum melepaskan barangnya, ia sempat menyemburkan ludah kea rah si penjambret,

Begitu kereta keluar dari terowongan dan gerbong kembali terang.  Kakek melaporkan kejadin itu ke opas (petugas keamanan kereta). Mereka tak kesulitan  menemukan penjambret itu karena muka dan baju pebuh dengan noda merah akibat semburan ludah nenek.

Setibanya di stasiun tujuan, nenek dan kakek dipanggil petugas keamanan kereta. Mereka menyampaikan rasa terima kasih karena nenek telah membantu menangkap penjahat yang selama ini sudah sering beraksi, tapi selalu  berhasil meloloskan diri.

Dedi Supardi, Buahbatu, Bandung.

No comments:

Post a Comment