Gejala TB Bisa Berbeda - Pakdhe Heru

Sunday, February 11, 2018

Gejala TB Bisa Berbeda

Di Indonesia, hampir semua orang diperkirakan pernah terpapar kuman TB, meskipun tidak semuanya berkembang menjadi penyakit TB. Kuman Mycobacterium tuberculosis umumnya  menginfeksi paru. Gejala utamanya, batuk berdahak selama 2-3 minggu.

Gejala tambahan lainnya, dahak bercampur darah, sesak nafas, badan lemas, nafsu makan dan berat badan menurun, berkeringat di malam hari tanpa kegiatan fisik, dan demam meriang lebih dari satu bulan. Jika muncul gejala yang dicurigai TB, jangan tunda, segera pergi ke Puskesmas atau dokter langganan.
 


Kuman TB bisa juga menginfeksi organ lain, misalnya tulang, ginjal, dan kelenjar getah bening. Gejalanya tentu sesuai dengan organ yang terinfeksi. Sekadar contoh, gejala TB tulang bisa saja seperti gejala nyeri rematik.

Untuk mencegah penularan, penderita TB harus menutup mulut saat batuk dan bersin. Jika berdahak, ia tidak boleh membuang dahaknya di sembarang tempat, tapi harus membuangnya di tempat penampungan khusus dan bertutup yang sudah diberi bahan disinfektan seperti karbol, lalu membuangnya ke saluran WC. Rumah tempat tinggalnya harus punya ventilasi yang baik agar sirkulasi udara berjalan lancer.

No comments:

Post a Comment